Mengungkap Rahasia Dibalik Kelemahan Mazda Cronos 2000cc

2 minutes reading
Tuesday, 31 Oct 2023 23:27 0 65 Jakarta Pink

Sejarah dan Produksi Mazda Cronos 2000cc

Mazda Cronos adalah salah satu produk unggulan dari pabrikan otomotif Jepang, Mazda. Mobil berjenis sedan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 dan menjadi andalan Mazda hingga tahun 2002. Meski cukup populer, namun ada beberapa kelemahan yang seharusnya menjadi perhatian bagi calon pembeli.

Pendefinisian Mesin 2000cc

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelemahan mobil ini, perlu kita pahami terlebih dahulu apa itu mesin 2000cc. Kapasitas mesin (CC) adalah ukuran volume total silinder mesin dalam satuan sentimeter kubik. Dalam hal ini, mobil Mazda Cronos memiliki kapasitas mesin sebesar 2000cc yang berarti ia memiliki volume total silinder mesin sebesar dua liter.

Semakin besar kapasitas mesin sebuah mobil, semakin besar pula tenaga yang dapat dihasilkannya. Namun hal tersebut juga berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakarnya. Sehingga bisa diartikan mobil dengan kapasitas mesin lebih besar akan memilik konsumsi BBM yang relatif lebih tinggi dibandingkan mobil dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Berburu Prestasi Dengan Keandalan Mesin

Meski demikian, Mazda Cronos dengan kapasitas mesinnya yang cukup besar ini tetap menjadi primadona di kalangan pencinta otomotif. Pasalnya, mesin berkapasitas 2000cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga 130 HP dengan torsi maksimum mencapai 179 Nm.

Keunggulan tersebut tentu membuat Mazda Cronos layak menjadi pertimbangan bagi mereka yang menginginkan mobil dengan performa handal. Namun sayangnya, seperti dua sisi mata uang, di balik kelebihan tersebut terdapat beberapa kelemahan yang menjadi catatan tersendiri bagi Mazda Cronos.

Konsumsi Bahan Bakar dan Masalah Servis

Mobil berkapasitas mesin besar seperti Mazda Cronos tentunya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar pula. Ini menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang dikategorikan tinggi oleh sebagian pengguna.

Selain itu, masalah lainnya adalah terkait servis dan perawatan mobil ini. Meski memiliki performa yang cukup handal, namun faktanya Mazda Cronos seringkali mendapatkan keluhan dari segi ketidaktersediaan suku cadang dan biaya perawatan yang relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

Begitulah gambaran umum tentang Mazda Cronos,
representasi nyata bagaimana sebuah kelebihan bisa datang bersama dengan sebuah kelemahan. Meski begitu, banyak penggemar setia yang tetap memilih untuk berinvestasi pada mobil ini karena nilai sejarah dan kualitas performa mesinnya.

Mazda cronos 626 2000cc - YouTube

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA