Mengenal Lebih Dalam: Gejala Awal Kanker Nasofaring yang Tak Boleh Diabaikan

2 minutes reading
Saturday, 11 Nov 2023 23:06 0 81 Jakarta Pink

Melihat semakin meningkatnya kasus kanker nasofaring di masyarakat, penting bagi kita untuk mengenali gejala awal dari penyakit ini. Penyakit yang kerap kali disebut sebagai ‘silent killer’ ini, meski jarang menampakkan gejala di awal, namun jika diketahui sejak dini dapat meningkatkan peluang pengobatan dan kesembuhannya. Berikut akan dibahas mengenai gejala-gejala awal kanker nasofaring yang perlu kita waspadai.

Definisi Kanker Nasofaring


Kanker nasofaring merupakan tumor ganas yang berkembang dalam nasofaring, bagian tengah belakang hidung di area sebelah atas tenggorokan. Dalam bahasa medis, kanker jenis ini juga dikenal dengan nama carcinoma nasopharynx. Karena lokasinya yang tersembunyi, deteksi dini seringkali menjadi tantangan.

Gejala Awal Kanker Nasofaring


Nyeri Telinga dan Pendengaran Berkurang


Salah satu gejala awal kanker nasofaring adalah nyeri pada satu atau kedua telinga dan berkurangnya kemampuan pendengaran. Hal ini terjadi karena tumor menekan saluran Eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan nasofaring.

Pendarahan pada Hidung


Tanda lainnya adalah pendarahan hidung. Meski pendarahan hidung bisa disebabkan oleh banyak hal, namun jika terjadi berulang kali dan disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Gangguan Pada Penglihatan


Gejala selanjutnya adalah gangguan pada penglihatan. Kanker nasofaring dapat menekan saraf yang mengontrol mata dan penglihatan, yang dapat menyebabkan mata melotot atau diplopia (penglihatan ganda).

Pentingnya Deteksi Dini


Pengenalan gejala awal kanker nasofaring sangat penting untuk deteksi dini. Meski gejalanya mirip dengan penyakit lain, apabila muncul ketiga gejala di atas sebaiknya segera melakukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Dengan deteksi dini, peluang pengobatan dan kesembuhan akan lebih besar.

Kanker nasofaring bukanlah penyakit yang harus ditakuti tanpa upaya melakukan pencegahan dan deteksi dini. Meski ‘silent killer’, bukan berarti kita harus menyerah tanpa bertarung. Mari mulai dari mengenal lebih dalam tentang kanker ini dan lakukan tindakan preventif semaksimal mungkin.

Ini Tiga Gejala Awal Kanker Nasofaring yang harus Diketahui

Ini Tiga Gejala Awal Kanker Nasofaring yang harus Diketahui

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA