Buka Bersama: Lebih dari Sekedar Wacana, Jadikan Realita!

2 minutes reading
Thursday, 1 Feb 2024 23:32 0 16 Jakarta Pink

Setiap tahunnya, saat Ramadan tiba, muncul tradisi ‘Buka Bersama’. Meski tampak sebagai sekedar wacana, sejatinya ada makna yang lebih dalam yang bisa kita realisasikan. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang makna dari Buka Bersama dan bagaimana cara mewujudkannya menjadi realita.

Mengenal Lebih Dekat tentang Buka Bersama

Buka Bersama adalah tradisi berbuka puasa bersama-sama. Ini adalah ritual kebersamaan yang mencakup berbagai lapisan masyarakat, baik itu keluarga, teman, rekan kerja, maupun komunitas. Pada dasarnya bukan hanya tentang makan bersama setelah adzan maghrib berkumandang tetapi juga tentang silaturahmi dan berbagi rezeki.

Meski nampak sederhana, ternyata banyak manfaat dan hikmah yang bisa dipetik dari kegiatan ini. Bagaimana cara menjadikan Buka Bersama lebih dari sekedar wacana? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Lebih dari Sekedar Wacana: Menjadikan Buka Bersama Sebuah Realita

Terkadang kita sering mendengar wacana buka bersama namun pada kenyataannya acara tersebut tidak pernah terealisasi. Alasan-alasannya bermacam-macam mulai dari kesibukan masing-masing individu hingga sulitnya menentukan jadwal dan tempat yang cocok untuk semua anggota.

Jangan biarkan wacana ini hanya berakhir sebagai wacana. Dengan niat baik dan kerja keras, kita bisa mewujudkannya menjadi realita. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menjadikan buka bersama lebih dari sekedar ajakan belaka.

Strategi Menjadikan Buka Bersama Sebuah Realita

Pertama, buatlah rencana jauh-jauh hari. Dalam merencanakan acara bersama, tentunya membutuhkan waktu dan koordinasi antaranggota. Sebaiknya buatlah jadwal dan tempat secara kesepakatan bersama dengan pertimbangan dari semua pihak.

Kedua, delegasikan tugas-tugas. Pembagian tugas dalam hal ini sangat penting agar acara dapat berjalan lancar dan meriah. Misalnya saja ada yang bertugas mempersiapkan tempat, ada yang berjaga di dapur dan lain-lain.

Ketiga, terapkan konsep potluck atau masing-masing membawa hidangan. Dengan konsep ini, setiap anggota memiliki partisipasi dalam memberikan makanan maupun minuman saat buka puasa bersama sehingga tercipta rasa memiliki pada acara tersebut.

Ke empat, lakukan donasi atau sedekah bersama. Ini merupakan tambahan ide yang bagus untuk menambah nilai manfaat dari Buka Bersama itu sendiri. Tidak hanya berbagi rezeki antar sesama anggota saja tetapi juga kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Dengan strategi-strategi di atas, maka wacana Buka Bersama bukan hanya menjadi wacana tetapi bisa menjadi realita yang manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak pihak. Selamat menjalankan Ramadan dan semoga Buka Bersama kita menjadi lebih bermakna.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA