Misteri Kanker Darah, Pengertian dan Kenapa Disebut Juga Leukemia?

2 minutes reading
Monday, 5 Feb 2024 23:05 0 22 Jakarta Pink

Misteri Kanker Darah: Pengenalan

Memahami kanker darah, atau yang lebih dikenal dengan Leukemia, bukanlah hal yang mudah. Ini adalah salah satu jenis kanker yang paling misterius dan menakutkan bagi banyak orang. Tapi apa sebenarnya penyakit ini dan mengapa ia disebut juga Leukemia? Mari kita selami misteri ini.

Pengertian Kanker Darah atau Leukemia

Kanker darah, atau leukemia, adalah jenis kanker yang dimulai di sumsum tulang, tempat di mana darah dihasilkan. Proses ini melibatkan produksi sel darah putih yang tidak normal secara berlebihan, mengganggu produksi sel darah normal dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Leukemia dapat dikelompokkan menjadi berbagai jenis berdasarkan kecepatan pertumbuhannya. Leukemia akut berkembang dengan cepat dan membutuhkan perawatan segera, sementara leukemia kronis tumbuh lebih lambat dan mungkin tidak memerlukan perawatan untuk beberapa waktu.

Lebih jauh lagi, setiap jenis ini lagi dibagi menjadi subjenis berdasarkan jenis sel darah putih yang terpengaruh. Ini menjelaskan mengapa istilah ‘kanker darah’ mencakup sejumlah kondisi medis serius.

Mengungkap Alasan Disebut Juga Leukemia

Secara etimologis, ‘Leukemia’ berasal dari kata Yunani ‘leukos’ yang berarti putih dan ‘haima’ yang berarti darah. Nama ini diberikan karena pada penderita leukemia, sel darah putih abnormal biasanya lebih banyak dari sel darah normal, membuat darah tampak lebih putih.

Dari sudut pandang medis, leukemia merujuk pada kanker darah yang mempengaruhi sel-sel pembentuk darah dan menciptakan banyak sel darah putih yang tidak matang. Sel-sel ini tidak berfungsi dengan baik dan bisa mengganggu fungsi sel darah lainnya seperti merah atau platelet.

Agar lebih jelas, bayangkan kerja sumsum tulang seperti pabrik yang memproduksi tiga jenis produk: sel darah merah untuk membawa oksigen, platelet untuk membantu pembekuan, dan sel darah putih untuk melawan infeksi. Ketika leukemia terjadi, terdapat produksi massal ‘produk cacat’, yaitu sel darah putih abnormal yang tidak dapat melakukan tugas mereka dengan baik.

Di sinilah berasal penamaan ‘Leukemia’, sebagai akibat produksi berlebihan sel-sel tersebut. Dengan demikian, nama ini bukan hanya sekedar label medis, tetapi juga mendeskripsikan kondisi fisik pasien secara akurat.

Penutup

Kanker Darah atau Leukemia adalah suatu kondisi medis serius yang mengharuskan kita memperoleh pengetahuan serta pemahaman mendalam tentang penyakit ini. Dengan informasi yang tepat, kita dapat merespon lebih baik terhadap diagnosis kanker darah dan memahami apa yang dihadapi oleh mereka yang menderita penyakit ini.

Mengenal Faktor Risiko dan Gejala Kanker Darah | Lifepack.id

Mengenal Faktor Risiko dan Gejala Kanker Darah | Lifepack.id

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA