Mengenal Ciri-Ciri Kanker Serviks: Apakah Anda Berisiko?

2 minutes reading
Saturday, 27 Jan 2024 23:09 0 14 Jakarta Pink

Pendahuluan:

Kanker serviks atau yang juga dikenal sebagai kanker leher rahim merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita di seluruh dunia. Namun, masih banyak wanita yang belum menyadari bahaya dari penyakit ini. Maka dari itu, perlu kita ketahui ciri-ciri dan faktor risiko kanker serviks. Berikut ini adalah penjelasan mengenai hal tersebut.

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa mereka mengidap kanker serviks hingga penyakit ini mencapai tahapan lanjut. Selain itu, gejala awal mungkin tidak spesifik dan bisa saja disalahartikan sebagai kondisi lainnya.

Gejala umum kanker serviks dapat meliputi:

  • Darah yang keluar setelah berhubungan intim, antara menstruasi, atau setelah menopause
  • Nyeri pelvis atau nyeri saat berhubungan intim
  • Nyeri pada punggung bawah
  • Lendir berdarah yang keluar dari vagina
  • Perubahan pada siklus menstruasi.

Penting untuk memerhatikan dan mendiskusikan gejala-gejala ini dengan dokter Anda jika Anda mengalaminya. Seiring waktu, jika tidak diobati, trend perilaku ini mungkin menjadi konstan atau semakin parah.

Faktor Risiko Kanker Serviks

Sementara semua wanita berisiko terkena kanker serviks, beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang. Antara lain:

  • Infeksi Human Papilloma Virus (HPV): Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh HPV, yang menular melalui kontak seksual. Bentuk HPV tertentu memiliki risiko lebih tinggi untuk menyebabkan kanker serviks.
  • Merokok: Wanita yang merokok dua kali lebih mungkin untuk mendapatkan kanker serviks dibandingkan dengan non-perokok.
  • Sistem imun yang lemah: Wanita dengan sistem imun yang lemah, seperti mereka yang menjalani transplantasi organ atau HIV positif, mempunyai risiko lebih tinggi terkena kanker serviks.

Kesimpulan

Mengenal ciri-ciri dan mengetahui faktor-faktor risiko dari kanker serviks sangat penting. Hal ini karena deteksi dini dan tindakan pencegahan dapat menjadi perbedaan antara hidup dan mati. Serta pengetahuan ini juga membantu dalam membatasi penyebaran virus HPV, penyebab utama dari kanker ini.

Jika Anda memiliki gejala atau berada dalam kelompok berisiko tinggi, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan ragu untuk melakukan skrining atau vaksinasi HPV jika dirasa perlu. Bersama, kita dapat berusaha untuk mengurangi angka kasus kanker serviks.

[INFOGRAFIS] 5 Gejala Kanker Serviks yang Jarang Disadari - YouTube

[INFOGRAFIS] 5 Gejala Kanker Serviks yang Jarang Disadari – YouTube

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA